SAMBUTAN KEPALA PROGRAM STUDI MAGISTER HUKUM

      Selamat Datang di Ilmu Hukum Strata 2 – Program Pascasarjana Universitas Pamulang Program Studi Magister Ilmu Hukum Strata 2 Universitas Pamulang diselenggarakan tahun 2012 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Cq.Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor Tanggal 27 September 2012. Untuk menjalankan misi sesuai dengan visi, maka Program Studi Ilmu Hukum Strata 2 menerapkan strategi pengembangan jangka panjang yang berorientasi pada. Pengembangan tersebut meliputi bidang akademis, manajemen kelembagaan dan teknologi multi media.

     Pengembangan di bidang akademis menekankan pada dihasilkannya lulusan yang berdaya saing tinggi. Hal ini dapat diperoleh melalui proses pembelajaran dan evaluasinya, di mana mahasiswa sebagai sentral dalam proses pembelajaran, dan dosen berperan sebagai fasilitator. Pengembangan manajemen kelembagaan diarahkan pada terbentuknya program studi yang mampu bersaing dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Pengembangan dalam bidang teknologi multi media di Universitas Pamulang dikhususkan untuk pembelajaran menuju kearah yang lebih baik yang difasilitasi oleh Pusat Informasi Tekonologi (IT).
Strategi jangka panjang tersebut, secara khusus mendorong Program Sudi Ilmu Hukum Strata 2 harus menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan sebagai berikut :

  1. Mampu mengaplikasikan azas-azas hukum dalam melakukan setiap aktivitas.
  2. Mampu menganalisis kasus-kasus hukum yang terjadi di dalam masyarakat.
  3. Mampu menyelesaikan setiap persoalan hukum yang terjadi dan mencarikan solusi bagi penyelesaian masalah hukum tersebut.
  4. Mampu mengoperasikan perangkat teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan produktivitas kerja dan menggunakan metode kualitatif yang tepat untuk menganalisis dan sintesis data serta informasi yang relevan bagi pengambilan keputusan.
  5. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis.
  6. Mampu menyajikan gagasan dan atau laporan pekerjaan, baik secara tertulis maupun lisan dengan teknik presentasi yang efektif dan menarik.

     Secara kuantitas maupun kualitas dosen tetap dan tenaga penunjang telah mencukupi kebutuhan program studi. Kurikulum dan alur mata kuliah yang terstruktur disusun sesuai dengan visi, misi, sasaran serta tujuan program. Penyusunan kurikulum yang sudah didasarkan kepada kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) sudah menfasilitasi tiga konsentrasi (peminatan) dan dilengkapi dengan mata kuliah untuk meningkatkan soft skill mahasiswa serta laboratorium yang menunjang. Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) sudah 100% dari seluruh sebaran mata kuliah telah dilengkapi. Semua fasilitas gedung, seluruh sarana dan prasarana adalah milik sendiri. Pengelolaan administrasi kemahasiswaan maupun akademik sudah menggunakan online system dengan LAN intra maupun ekstra. Pengelolaan dan akuntabilitas penggunaan dana sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan disertai laporan yang berkala.