Unpam Terpilih sebagai Peserta Workshop Jurnal Masyarakat dan Budaya LIPI

img_0741b

akarta – Dua bulan lalu Jurnal Masyarakat dan Budaya LIPI mengeluarkan pengumuman melalui websitenya terkait Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah pada 7-8 November 2016. Namun, persyaratan peserta yang boleh mengikuti workshop jurnal yang telah ada sejak tahun 1995 itu harus lolos seleksi menurut standar yang diajukannya. Dalam sambutannya Kapus Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI mengatakan, “artikel ilmiah yang masuk ke kami ada 80, namun kami harus menyeleksinya menjadi 27.

“Ke-80 pengirim itu berasal dari berbagai institusi yang ada di tanah air, baik negeri maupun swasta” tambahnya.

Berdasarkan daftar peserta workshop, ke-27 peserta itu berasal dari berbagai institusi, di antara Universitas Halu Oleo, Kendari, UI, Unpam, Universitas Riau, Yogyakarta, Arsip Nasional RI, Papua, Jatim, Kementrian Kominfo, Kejaksaan Agung, Unhan, dan Mahkamah Konstitusi.
Dalam workshop yang berlangsung selama dua hari itu, peserta dilatih membedakan struktur tulisan laporan penelitian dengan artikel jurnal ilmiah. Di samping bagaimana menulis di jurnal ilmiah yang terakreditasi. “Kami banyak mengembalikan artikel ilmiah kepada pemiliknya karena struktur penulisannya masih berbentuk laporan penelitian” terang Katubi yang juga selaku Dewan Redaksi Jurnal Masyarakat Indonesia LIPI di hadapan peserta.

“Struktur judul, abstrak, pendahuluan, isi, hingga simpulannya harus diubah jika akan dikirim ke jurnal yang terakreditasi” tambahnya.